Posted by: andokokeuangan | August 14, 2013

Trainer Soul In You

Trainer Soul in You

Oleh : M.Andoko*

Apakah anda senang jika idenya didengarkan banyak orang ?

Apakah anda senang jika apa yang disampaikan memberikan inspirasi buat beberapa orang ?

Apakah anda senang jika yang anda sampaikan bisa memberikan nilai tambah buat orang lain ?

Apakah anda senang memberikan ilmu dan pengalaman untuk orang lain ?

Jika jawaban anda ya maka anda memiliki jiwa sebagai seorang trainer.

Untuk menjadi seorang trainer atau pembicara publik maka anda perlu mempelajari tentang teknik mengajar dan menguasai bidang yang anda geluti sehingga apa yang anda sampaikan bisa diterima dengan mudah oleh pendengar atau audiens anda.

Tentu saja tidak semua orang suka atau senang menjadi seorang trainer karena membutuhkan ketrampilan maupun keberanian untuk bisa tampil di depan orang banyak.

Sebenarnya semua ketrampilan di dunia bisa dipelajari asalkan kita mau belajar.

Seorang trainer bisa memberikan manfaat buat banyak orang seperti :

1. Inspirasi

Beberapa trainer di dunia maupun di kancah nasional banyak yang memberikan inspirasi kepada seseorang untuk berubah, walaupun perubahan itu sebenarnya datang pada diri orang tersebut namun seorang trainer bisa memberikan sumbangsih dalam bentuk kesadaran terhadap seseorang. Perubahan bisa terjadi ketika seseorang mau sadar untuk berubah.

2. Nilai Tambah

Seseorang yang memiliki ketrampilan teknis dan pada saat yang bersamaan juga bisa menyampaikan kepada orang banyak dengan lugas, sederhana dan diterima dengan mudah tentunya memiliki nilai tambah buat dirinya maupun untuk orang lain. Nilai tambah tersebut membuat orang menjadi lebih mengerti, paham, cerdas dan bisa memberikan efek bola salju apabila yang disampaikan memberikan kebaikan .

3. Mengajar

Tidak semua orang suka mengajar tetapi ada beberapa orang yang juga suka mengajarkan ilmu dan pengalamannya kepada orang lain. Mengajar sendiri membutuhkan ketrampilan khusus dan ketrampilan komunikasi . Seorang trainer mau tidak mau juga harus bisa mengajar untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Mengajar dengan cara memberikan contoh atau tindakan akan jauh lebh baik dibandingkan hanya sekedar menyampaikan.

4. Mendirikan perusahaan

Apabila anda sudah semakin dikenal oleh masyarakat maupun media melalui ide dan gagasan anda bukan tidak mungkin anda akan kebanjiran order untuk diundang perusahaan, media cetak, komunitas ataupun Event Organizer untuk memberikan ilmu dan pengalaman anda kepada publik. Dengan demikian cuap-cuap anda bisa menjadi bisnis buat anda. Inilah saatnya anda mendirikan perusahaan sehingga anda bisa mengelola lebih baik lagi . Dan pada saat yang bersamaan anda juga memberikan penghasilan untuk orang-orang yang bekerja untuk anda

5. Membentuk komunitas

Komunitas memberikan pengaruh yang luar biasa saat ini terhadap bisnis maupun masyarakat. Seorang trainer karena banyak memberikan ide dan gagasan bisa juga membentuk suatu komunitas dari tema, maupun peserta yang pernah mengikuti materi yang disampaikan . Kelebihannya lagi anda selalu bisa berinteraksi dengan orang-orang yang pernah mengenal anda

6. Memberikan pengaruh besar

Melalui ucapan dan tindakan yang dilakukan seorang trainer bisa memberikan banyak pengaruh besar terhadap seseorang. Bukan tidak mungkin para peserta yang pernah mengikuti training anda akan menjadi fans berat anda layaknya seperti seorang artis.

Jika begitu banyak manfaat yang bisa anda berikan kepada orang lain , akankah anda diamkan saja jiwa trainer anda ?

*Penulis adalah seorang financial trainer sekaligus perencana keuangan independen


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: