Posted by: andokokeuangan | July 25, 2013

Mengelola Bonus THR

Bonus THR yang anda terima tahun ini cukup unik karena pada saat yang bersamaan hampir berbarengan dengan masuknya anak-anak ke sekolah dan naiknya bahan-bahan pokok akibat kenaikan BBM serta puasa.

Bonus THR tersebut tentunya harus anda kelola sebaik mungkin sehingga tidak hilang begitu saja dengan konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa alternatif Bonus THR yang bisa anda gunakan sebagai berikut :

1. Zakat

Sebagian Bonus THR bisa digunakan untuk membayar zakat yang biasa dilakukan oleh kaum muslimin. Zakat yang dibayarkan tergantung dari seberapa banyak penghasilan anda. Jika anda ingin zakat yang dibayarkan menjadi pengurang pajak anda maka anda bisa membayar zakat pada suatu badan atau institusi yang ditunjuk oleh pemerintah seperti BAZIS, KPPU dan Dompet Dhufa. Bukti pembayarannya bisa anda simpan sehingga bisa dijadikan pengurang penghasilan anda.

2. Memberikan Bonus THR untuk orang-orang yang bekerja di rumah

Orang-orang yang bekerja di rumah anda seperti Asisten rumah tangga, babysitter, supir dan yang lainnya perlu anda pikirkan untuk menerima bonus THR juga.

3. Menutupi untuk biaya pada bulan puasa

Bulan puasa tanpa anda sadari memberikan implikasi kepada biaya rumah tangga menjadi lebih besar karena harga-harga barang ataupun belanja menjadi lebih mahal. Apalagi untuk tahun ini pemerintah menaikkan harga BBM pada saat menjelang puasa sehingga harga barang ataupun harga kebutuhan pokok menjadi mahal. Anda ambil contoh harga cabai bisa mencapai sama dengan harga daging sebesar Rp 100.000 . Dua komoditas tersebut akan anda gunakan pada saat bulan puasa maupun lebaran. Kenaikan harga tersebut pastinya akan mempengaruhi kebutuhan rumah tangga anda.

4. Mudik lebaran

Bagi anda yang menikmati lebaran di daerah maka mudik lebaran menjadi tradisi di bulan puasa ini. Bonus THR bisa membantu anda untuk membiayai mudik lebaran. Terkadang biaya mudik lebaran sekeluarga bisa cukup besar karena hampir semua keluarga ikutan mudik lebaran. Apalagi jika anda menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, pesawat karena yang menjadi patokan adalah harga tiket per orang. Bagi anda yang sudah jelas pulang kampung nya alternatif pemesanan tiket jauh-jauh hari bisa meminimalkan biaya tiket perjalanan. Sementara bagi mereka yang belum jelas kepulangannya bisa mempengaruhi budget pembelian tiket. Selain tiket tentu saja ada biaya lain seperti akomomodasi, makan dan minum, oleh-oleh maupun dana untuk uang lebaran yang diberikan untuk keluarga di kampung

5. Investasi

Bagi anda yang merayakan lebaran tanpa pulang mudik lebaran, maka ada beberapa budget yang lebih dan bisa dijadikan alternatif untuk investasi setelah digunakan untuk budget budget lainnya. Bisa jadi ini awal bagi anda yang belum pernah investasi sama sekali untuk memulainya. Apalagi untuk tahun ini harga-harga dari produk investasi lebih murah dibandingkan tahun lalu seperti emas atau pasar modal sehingga untuk sejumlah uang yan sama anda bisa mendapatkan jumlah yang lebih banyak. Buat yang sudah memiliki investasi bisa juga dilakukan untuk menambah investasi yang ada. Tentunya tidak semua uang bonus THR anda gunakan untuk investasi melainkan ada yang tetap anda sisakan untuk masa yang akan datang. Dan pada saat yang bersamaan anda sedang membangun kebiasaan baru untuk selalu menyisihkan sebagian bonus THR untuk masa depan.

6. Pengganti untuk biaya pendidikan anak

Tahun ajaran baru untuk anak-anak hampir berbarengan dengan penerimaan bonus THR terutama untuk anda yang anaknya baru diterima di perguruan tinggi. Bonus THR ini tentunya menjadi alternatif untuk pendanaan untuk pendidikan anak. Namun demikian bagi orangtua yang sudah menyiapkan dana pendidikan maka bonus THR bisa digunakan hal-hal lain.

7. Melunasi hutang yang sebelumnya ada

Bonus THR bisa juga digunakan untuk alternatif melunasi hutang yang sebelumnya ada dan memiliki implikasi bunga yang besar . Mungkin untuk tahun ini anda harus menyisihkan sebagian bonus THR anda untuk memperkecil atau melunasi semua hutang-hutang anda sehingga anda tidak lagi terbelit pada hutang-hutang terutama hutang kartu kredit sehingga anda menjadi lebih tenang

8. Alternatif pembayaran regular Tahunan

Tanpa anda sadari ada saja dana-dana yang diperlukan untuk anda bayarkan setiap tahunnya seperti Pajak kendaraan bermotor ( PKB ) , Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) , iuran premi asuransi tahunan dan yang lainnya. Terutama untuk di bulan agustus setiap tahunnya bagi anda yang sudah memiliki rumah atau tanah tentunya akan harus membayar PBB. Sebahagian Bonus THR bisa digunakan untuk dana tersebut.

9. Pengembangan diri

Jangan lupa untuk selalu meningkatkan diri sendiri . Jika selama ini anda selalu menggantungkan pelatihan dari tempat anda bekerja maka saatnya sekarang anda juga menyisihkan sebagian bonus THR anda untuk pengembangan diri. Terutama yang bisa membuat karir dan investasi anda semakin berkembang sehingga dana bonus THR yang anda sisakan untuk pengembangan karir tersebut akan balik lagi pada anda dengan peningkatan skill dan komunikasi sehingga bisa meningkatkan penghasilan anda kembali.
10. Modal Usaha

Anda seringkali mendengar jika ingin melakukan usaha butuh modal. Walaupun kata-kata itu belum tentu benar seratus persen namun demikian kata-kata tersebut ada benarnya juga. Contoh anda ingin membeli waralaba suatu produk makanan maka anda memerlukan dana untuk membeli dan menjalankan operasionalnya. Sebagian Bonus THR bisa juga ada sisakan untuk menumpuk modal anda jika anda ingin memiliki usaha. Tentu saja harapan anda kedepan ketika modal usaha tersebut sudah terpenuhi maka anda bisa menjalankan usaha tersebut dan mendapatkan passive income dari dana tersebut sehingga akan menambah pundi-pundi keuangan anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: