Posted by: andokokeuangan | September 28, 2012

Who Wants to be a Financial Planner ?

Mungkin Anda ingat acara televisi Who Wants to be a Millionaire. Ketika Anda mengikuti kuis tersebut tentu saja ada langkah-langkah yang harus Anda lalui.  Sama juga untuk menjadi perencana keuangan, ada serangkaian langkah-langkah yang harus diikuti. Saat ini profesi perencana keuangan di Indonesia mulai banyak diminati oleh para profesional di bidang industri jasa keuangan maupun para profesional yang terkait dengan jasa keuangan.

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjadi perencana keuangan dan apa saja yang dilakukan seorang perencana keuangan?  Berikut ini adalah tips untuk menjadi seorang perencana keuangan.

1.       Memiliki salah satu sertifikasi  perencana keuangan

Sertifikasi perencana keuangan dibutuhkan untuk mengetahui kompetensi dari perencana keuangan karena perencana keuangan adalah salah satu profesi yang bukan hanya diakui di negara ini melainkan juga dunia internasional.  Untuk bisa memiliki sertifikasi ini maka Anda harus mengikuti beberapa pendidikan perencanaan keuangan yang diadakan oleh beberapa institusi pendidikan. Setelah selesai Anda bisa mengikuti ujiannya dan apabila lulus maka Anda berhak mendapatkan gelar perencanaan keuangan sesuai dengan institusi atau lembaga yang mengeluarkan.

2.       Memperkenalkan diri

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan diri Anda sebagai perencana keuangan antara lain  membuat website, menulis tentang seputar perencanaan keuangan di beberapa media cetak, join di asosiasi perencanaan keuangan, mengikuti komunitas, aktif memberikan tips di social media atau magang di salah satu perusahaan perencanaan keuangan yang sudah ada.   

3.       Membuat suatu event seminar atau training

Apabila Anda sudah semakin banyak dikenal oleh masyarakat saatnya sekarang untuk membuat event seminar atau training. Tujuannya adalah untuk membagikan pengetahuan teknis Anda kepada masyarakat dan pada saat yang bersamaan bisa dijadikan sebagai bagian dari promosi juga.  Seiring waktu, seminar atau training Anda bisa semakin banyak diketahui oleh masyarakat dan Anda bisa memberikan harga dari seminar atau training Anda.

4.       Memberikan konsultasi perencanaan keuangan

Konsultasi perencana keuangan merupakan salah satu pekerjaan perencana keuangan yang menantang karena pekerjaan ini bukan hanya mengandalkan kemampuan teknis sebagai perencana keuangan melainkan juga kemampuan komunikasi. Konsultasi perencana keuangan juga merupakan salah satu sumber untuk membuat perencana keuangan menjadi jauh lebih cerdas karena memiliki banyak masalah keuangan yang harus diselesaikan dan membuat perencana keuangan kaya akan solusi dari masalah keuangan kliennya.

5.       Membuat perusahaan perencanaan keuangan

Apabila klien Anda sudah semakin banyak dan Anda sudah mulai lebih banyak dikenal oleh masyarakat serta bisnis dari perencanaan keuangan semakin meningkat sudah tiba saatnya Anda membentuk suatu badan hukum dari usaha Anda.


Moh. Andoko MM CFP® QWP™ MCHT
Perencana Keuangan Independen
Oneshildt Financial Planning

Artikel ini saya muat sebagaimana ditulis di : http://ifpc.kontan.co.id/2012/09/21/who-wants-to-be-a-financial-planner/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: