Posted by: andokokeuangan | September 28, 2012

Tingkatkan Pendapatan, Kurangi Pengeluaran

M Andoko, pakar perencana keuangan (financial planner), memberikan tips pengelolaan keuangan keluarga, untuk mengantisipasi tingginya harga kebutuhan pokok. Apalagi dalam enam bulan ke depan ada kemungkinan harga BBM jadi dinaikkan.

Andoko, saat Independent Financial Planning Expo 2012, di Gedung SMESCO, Jakarta, Sabtu (10/2), mengungkapkan, kenaikan harga BBM itu sebenarnya faktor ekonomi makro, atau tidak dapat dikendalikan oleh individu. Ada dua hal yang dapat dilakukan individu, yaitu mengatur pendapatan dan pengeluaran.

Menurutnya, meski keadaan ekonomi sedang baik, pendapatan dan pengeluaran tetap harus dikelola untuk mendapatkan surplus. Sehingga, ketika kondisi ekonomi tiba-tiba berubah secara mendadak, dana surplus tersebut dapat sedikit membantu menopang ekonomi.

“Kami sebagai financial planner, menginspirasi klien untuk mencari pendapatan lain (other income). Tambahan pendapatan tersebut dapat diperoleh dari pekerjaan, dari pengelolaan aset, ataupun dari hobi,” jelas Andoko.

Menurut Andoko, hobi merupakan alternatif pilihan yang paling mudah, karena selain menjalankan apa yang disukai, individu juga mendapatkan kesenangan pribadi dan keuntungan finansial. “Menjalankan hobi itu lebih fun, jadi tidak terasa kalau sambil bekerja,” ujarnya.

Dalam mengelola pengeluaran, Andoko menjelaskan, ada tiga komponen yang memengaruhi, yaitu pengeluaran tetap, pengeluaran semi-variable, dan pengeluaran variable.

Pengeluaran tetap adalah pengeluaran yang tidak bisa diganggu gugat, karena dampaknya berpengaruh terhadap pendapatan, seperti kredit rumah, kredit kendaraan, dan kredit lainnya. Bila pengeluaran ini ditunda, akan memiliki konsekuensi bunga atau denda yang harus dibayarkan.

Pengeluaran semi-variable berada di antara pengeluaran tetap dan variable, contohnya biaya listrik dan telepon. Pengeluaran ini memiliki pengeluran tetap, seperti abodemen, tetapi penggunaannya bisa diatur supaya biayanya tidak membengkak.

Sedangkan pengeluaran variable adalah pengeluaran yang masih bisa diatur oleh individu, seperti biaya kebutuhan pokok, entertainment, dan biaya lainnya.

“Tujuan utama dari perencanaan bukan untuk menghilangkan, tetapi hanya untuk mengatur dan mengurangi kebutuhannya,” kata Andoko.

Selain tiga kebutuhan utama tersebut, ada kebutuhan lain-lain yang menjadi kebutuhan spiritual, seperti persembahan dan sedekah. “Kami tidak pernah melupakan bahwa setiap orang memiliki kebutuhan spiritualnya masing -masing. Sebagai financial planner kami juga selalu menerapkan prinsip, banyak memberi, banyak menerima,” tambah Andoko. [WS]

Artikel ini saya muat sebagaimana ditulis di : http://cars.gatra.com/ekonomi/46-ekonomi/10844-tingkatkan-pendapatan-dan-kurangi-pengeluaran


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: