Posted by: andokokeuangan | September 25, 2012

Pajak atas Investasi dan Tabungan

Konon katanya di dunia ini hanya ada dua yang pasti, yang pertama itu mati dan yang kedua itu  adalah membayar pajak.

Dapat dipastikan bahwa membayar pajak menjadi satu keharusan yang  pasti untuk setiap individu mulai lahir sampai mati.

Mau makan, kena pajak, punya penghasilan kena pajak, beli rumah kena pajak, beli baju kena pajak, beli saham kena pajak. Hampir semua aspeek kehidupan manusia diwajibkan membayar pajak.

Dalam personal financial planning, membayar pajak merupakan bagian yang tak terpisahkan. Apa yang harus dilakukan seseorang untuk mengantisipasi hal ini sehingga pajak tidak merusak perencanaan keuangan pribadinya?

Mau tidak mau seorang yang melakukan perencanaan keuangan  harus sedikit tahu tentang pajak minimal pajak-pajak yang terkait dengan  tabungan dan investasi.

Walaupun memang ada beberapa objek yang sampai saat ini masih terbebas dari pajak, akan tetapi saya akan jelaskan beberapa pajak terkait dengan tabungan dan investasi serta produk keuangan lainnya.

1. Bunga Tabungan dan Deposito

Tarif pajak yang dikenakan sebesar 20% atas penghasilan dari bunga deposito dan tabungan yang bersifat final.

2. Transaksi Saham

Dikenakan tarif pajak sebesar 0,1% dari total nilai transaksi penjualan saham untuk saham yang sudah go publik dan bersifat final.  Sementara untuk penjualan saham yang belum go publik dikenakan pajak progresif.

3. Dividen

Dividen yang dibayarkan kepada individu atau Wajib Pajak Dalam Negeri dikenakan PPh sebesar 10% dan bersifat final.

4. Obligasi

Atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dari Wajib Pajak berupa bunga atau kupon obligasi akan dikenakan pajak yang bersifat final.

Obligasi itu sendiri terdiri atas 2 macam, yakni :
a. Obligasi dengan kupon
b. Obligasi tanpa kupon

Atas diskonto atau bunga dari Obligasi dikenakan pajak sesuai ketentuan sebagai berikut :

a. Pajak sebesar 15% dari jumlah bruto bunga obligasi bagi Wajib Pajak Dalam Negeri dan Bentuk Usaha Tetap.

b. Pajak sebesar 20% dari jumlah bruto bunga obligasi bagi Wajib Pajak Luar Negeri.

c. Pajak sebesar 5% dari jumlah bruto bunga obligasi bagi Wajib Pajak Reksadana ( berlaku antara tahun 2011-2013)

D. PAJAK SEBESAR 15% dari jumlah bruto bunga obligasi bagi Wajib Pajak Reksadana ( berlaku antara tahun 2014 – seterusnya )

5. Reksadana

Keuntungan yang diterima dari pemegang saham reksadana tertutup dari penjualan saham yang dijual di bursa dikenakan pajak sebesar 0,1% dan bersifat final.

6. Unit Link

Terhadap pembayaran akibat penutupan asuransi yang mengandung unsur tabungan atau investasi, apabila pembayaran manfaat tabungannya dilakukan dalam masa 3 tahun atau kurang, maka selisih antara manfaat tabungan yang diterima dengan premi yang telah dibayar, diperlakukan sama dengan penghasilan atas bunga deposito dan dikenakan tarif pajak sebesar 20% dihitunga dari jumlah bruto dan bersifat final.

7. Polis Asuransi

Klaim atas pollis asuransi berupa uang pertanggungan sesuai dengan Undang-Undang pajak penghasilan sampai saat ini bukan merupakan objek pajak.

8. Tanah dan Bangunan

Atas penjualan Tanah dan Bangunan akan dikenakan pajak sebesar 5% dan bersifat final.  Untuk lebih lengkapnya tentang pajak-pajak yang terkait pada investasi properti, silahkan lanjut baca di link berikut ini : “Kenali Pajak Properti sebelum Membeli Rumah”

Dalam personal financial planning, pajak atas investasi dan produk keuangan lainnya memang mempunyai porsi tersendiri dan hal itu adalah menjadi suatu keharusan seperti halnya zakat dalam Islam.

Pentingnya mengetahui jens-jenis pajak ini adalah untuk melakukan pemilihan produk investasi yang sesuai tujuan keuangan, jangan sampai memilih produk keuangan yang pajaknya ternyata lebih besar dari return dan perhitungan inflasi. Tujuan akhirnya tentu saja tercapainya tujuan keuangan.

Untuk praktisnya, Anda dapat menghitung pajak atas investasi atau produk keuangan Anda pada kalkulator keuangan berikut : http://www.cerdaskeuangan.com/kalkulator

Semoga Bermanfaat.

Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: