Posted by: andokokeuangan | April 22, 2012

Paradoks Kekayaan

Paradoks kekayaan adalah pada saat semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda akan kehilangan uang itu.

Paradoks kekayaan memisahkan sifat uang yang sementara dengan sifat kekayaan yang permanen.

Berapapun banyaknya uang yang Anda miliki, pada akhirnya uang itu akan berkurang (atau bertambah) kembali ke level kekayaan Anda.

Mari kita amati dua kisah nyata terkait masalah ini.

Kisah 1 :

Evelyn Adams memenangkan lotere New Jersey tak hanya sekali, tetapi dua kali di tahun 1985 dan 1986 sejumlah $5,4Juta. Dari kemenangan itu, uangnya telah habis sama sekali dan sebagian besar ia habiskan di mesin jacpot Atlantic City. Ia pun kemudian harus hidup di dalam mobil di sebuah trailer park. Evelyn Adams kemudian berkata : ” Saya berharap saya mempunyai kesempatan untuk memenangkan lotere lagi dan menangani uang uang saya dengan lebih cerdas.”

Kisah 2 :

William Post memenangkan lotere $16,2 juta di Pennsylvania. Ia menginvestasikannya di bisnis mobil dan restoran. Setahun kemudian ia berutang $1 juta dan dinyatakan bangkrut. Laebih buruk lagi, saudara laki-lakinya ditangkap karena menyewa seorang pembunuh bayaran untuk membunuhnya agar ia dapat menguasai uangnya. William yang kini hidup dari tunjangan sosial pemerintah menyesal dan berkata : ” Saya harap kemenangan itu tak pernah terjadi. Benar-benar sebuah mimpi buruk.”

Banyak dari kita yang bersikeras bahwa kita tak akan ceroboh seperti Evelyn dan William, mengapa masih banyak dari kita yang bekerja keras, mengumpulkan banyak uang tetapi hanya mampu menunjukkan kekayaan yang tidak seberapa?

Jika hanya sekedar menghasilkan uang justru dapat kehilangan uang yang sudah didapat. Akan tetapi dengan menciptakan kekayaan kita tidak mudah kehilangan uang begitu saja, karena ada paradoks unik yang muncul saat uang mengalir masuk.

Kehilangan uang bukanlah masalah bila Anda tidak memilikinya sama sekali, tetapi saat Anda memiliki kelebihan penghasilan, banyak kesempatan baru yang muncul.

Godaan akan muncul untuk membelanjakan uang Anda sampai habis atau menginvestasikannya.

Your Life is Your Legacy.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: