Posted by: andokokeuangan | March 3, 2012

Mengenal Obligasi

“Don’t put your eggs only in one basket, spread your portfolio of investment on the right combination.”

Maksud dari semboyan ini adalah : sebaiknya investor melakukan penyebaran dana investasi ke beberapa jenis instrumen investasi yang tersusun dalam portofolio.

Portofolio adalah gabungan atau kombinasi berbagai instrumen investasi yang dapat menentukan besar kecil risiko maupun return yang diperoleh.

Jika Anda cermati, saat ini semakin banyak pilihan instrumen investasi yang dapat dijadikan pertimbangan pada “keranjang” mana akan kita masukkan “telur-telur” investasi kita.

Untuk memilih instrumen investasi yang paling cocok, Anda harus mengenal terlebih dahulu karakter masing-masing instrumen investasi tersebut.

Saya akan membahas obligasi, salah satu instrumen investasi yang dapat dijadikan pertimbangan karena alasan keamanan dan hasil yang rutin diperoleh setiap bulan.

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah, pada saat Anda membeli obligasi, itu artinya Anda meminjamkan sejumlah uang kepada penerbit obligasi.

Sebagai imbalan yang akan Anda peroleh, penerbit obligasi akan memberikan bunga dan pada akhirnya, dengan perhitungan nilai waktu pada uang maka Anda akan mendapatkan kembali uang yang Anda hutangkan kepada penerbit obligasi.

Keunggulan obligasi adalah, merupakan salah satu bentuk instrumen investasi yang relatif aman dan cenderung risk free dengan return yang lebih tinggi daripada deposito.

Obligasi memberikan return bunga secara rutin sehingga bagi Anda yang lebih menyukai untuk memperoleh pendapatan secara rutin-tetap, obligasi dapat menjadi pertimbangan.

Bunga obligasi yang dibayarkan penerbit obligasi kepada Anda dapat disesuaikan dengan keinginan yakni setiap 3 bulan atau 6 bulanan.

Jika Anda membeli obligasi terbitan pemerintah, yang disebut sebagai Surat Utang Negara (SUN) ataupun Obligasi Negara Ritel (ORi) maka investasi tersebut dijamin oleh pemerintah sampai berakhir masanya.

Dan jika Anda adalah seseorang yang lebih menyukai obligasi yang bersifat syariah, Anda dapat memilih Sukuk Ritel yang terbit pada bulan Maret 2012 ini.

Kupon Surat Berharga Negara Syariah (SBSN) ritel alias Sukri seri terbaru ditetapkan 6,25% masih lebih besar daripada bunga deposito saat ini, yang berkisar 6%.

Jadi, sudah tetapkan pilihan investasi Anda ?

Salam,

Moh. Andoko


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: